Tiyuh Mekar Sari Jaya

Kec. Lambu Kibang, Kab. Tulang Bawang Barat
Prov. Lampung

Loading

Tiyuh Mekar Sari Jaya

Perayaan

Hari Ayah

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI OFFICIAL TIYUH MEKAR SARI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Berita Tiyuh

  1. VISI PEMBANGUNAN TIYUH

VISI  ADALAH SUATU GAMBARAN CITA CITA DAN IMPIAN CALON KEPALO TIYUH YANG AKAN DICAPAI DALAM JANGKA WAKTU 6 (ENAM) TAHUN PERIODE MASA JABATAN, ATAU KEINGINAN YANG HARUS DIWUJUDKAN DALAM WAKTU MASA JABATAN.

TERWUJUDNYA TIYUH MEKAR SARI JAYA YANG RELIGIUS DAN“ MUDA MERAKYAT “

( MAJU TIYUHNYA, UNGGUL SDM NYA, DAYA SAING BERPRESTASI, AMAN LINGKUNGANNYA SERTA MENGEDEPANKAN MUSYAWARAH BERSAMA MASYARAKAT )

  • RELIGIUS merupakan suatu kepercayaan yang bersifat agamis yang berdampak pada, ketenangan jiwa, kegembiraan, dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang memiliki keyakinan religius tentu dapat saling menghargai, tolong-menolong antar sesama, terciptanya suatu kebersamaan dalam kebaikan, serta terbentuknya kepedulian dan rasa sosial yang tinggi tanpa mebedakan status sosial dalam masyarakat.Dengan demikian maka akan terwudnya Tiyuh Mekar Sari Jaya yang bernilai Religius, serta mengepankan nilai-nilai keagaman sebagi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga untuk mencapai hal tersebut maka Pemerintah Tiyuh Mekar Sari Jaya mengupayakan sebagai berikut :
  1. Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana keagamaan sebagai sarana anak-anak mengenal dan belajar agama lebih dini.
  2. Membangun ahlak masyarakat agar menjadi manusia yang berakhlakul karimah melalui peningkatan majlis-majlis taklim, kegiatan pengajian, pembinaan moral khususnya generasi muda sesuai dengan ajaran agama yang ada di tiyuh Mekar Sari Jaya  untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.
  3. Memberikan kepedulian penuh dengan memperhatikan insentif guru-guru ngaji, TPA, TPQ, dan sekolah minggu bagi yang beragama Hindu.
  • MAJU yang memiliki makna bahwa berkembangnya pembangunan tiyuh Mekar Sari Jaya yang dapat dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu juga untuk mengurangi kesenjangan dan kemiskinan dengan tujuan utamanya yaitu meningkatkan kesejahteraan berupa peningkatan pendapatan agar dapat meningkatkan kualitas masyarakat desa. Untuk mencapai tiyuh yang maju tentunya akan melakukan hal-hal sebagi beriku :
  1. Mempelajari dan menggali karakteristik kondisi atau Sumber Daya Manusia mayarakat Tiyuh Mekar Sari Jaya untuk menciptakan hidup rukun dengan semangat gotong royong.
  2. Mengidentifikasi, menganalisa, dan meningkatkanSumber Daya Alam yang sudah dimiliki untuk meningkatkan kemajuan Tiyuh Mekar Sari Jaya.
  3. Melakukan mekanisme pembangunan yang keterkaitan perkembangan dan kemajuan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, maupun ekonomi dalam setiap kegiatan.
  • UNGGUL SDM mengandung arti bahwa Membangun jiwa yang merdeka, mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan dan hal-hal yang modern, sehingga masyarakat Mekar Sari Jaya Tiyuh yang unggul dan mampu berkompetisi dengan tiyuh yang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan dimulainya pembangunan ahlak dan karakter yang baik diseluruh lingkungan Mekar Sari Jaya, serta mengedepankan nilai moral yang mencerminkan masyarakat yang bermartabat dan berwibawa dalam bidang apapun.

 

  • DAYA SAING merupakan suatu konsep mampu menunjukkan prestasi baik secara kerja pemerintahan tiyuh, maupun karakter seluruh masyarakat Mekar Sari Jaya. Agar dapat bersaing dengan tiyuh-tiyuh lain maka harus bekerja keras dalam menjalankan pemerintahan dengan membangun semangat gotong-royong, guyup, dan bersungguh-sungguh untuk mencapainya. Serta Nilai pantang menyerah, dengan selalu mendengarkan saran masukan yang bersifat membangun dari tokoh maupun berbagai unsur demi terciptanya masyarakat yang mampu bersaing dalam hal kemajuan, dan prestasi. Pembinaan dilakukan sejak dini, maupun mengedepankan generasi pemuda untuk menjadi garda terdepan untuk melanjutkan perkembangan jaman yang modern.

 

  • AMAN Lingkungannya dalam arti menciptakan suatu keadaan yang kondusif, nyaman, dan tentram yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Mekar sari Jaya. Tentunya dimulai dari terciptanya cara kerja penyelengaraan pemerintahan tiyuh yang mengedepankan suasana keharmonisan dalam bekerja sehingga akan mecapai suatu kenyamanan. Sementara dalam lingkungan masyarakat tentunya menanamkan rasa kepedulian lingkungan sekitar dengan penuh rasa tanggungjawab. Beberapa upaya dapat dilakukan dalam menciptakan suasana aman dan nyaman diantaranya , melakukan siskamling atau ronda malam dengan dilakukan penjadwalan. Melibatkan linmas dalam kegiatan yang bersifat keramaian, dan dalam upaya menjaga keamanan tiyuh. Selain itu juga dapat melakukan kerja sama dengan seluruh Uspika atau kelompok yang ada ditiyuh dengan menjadikan keamanan dan kenyaman menjadi tanggungjawab bersama.

 

  • Mengedepankan Musyawarah bersama masyarakat mengandung arti bahwa setiap kegiatan yang akan dilakukan demi kemajuan tiyuh harus dilakukan dengan bermusyawarah dan mufakat bersama. Pada dasarnya masyaraakat Mekar Sari Jaya memiliki hak untuk berpendapat demi kemajuan dan terciptanya kesepakatan dan keselarasan baik pemerintah tiyuh maupun seluruh masyarakat Mekar sari Jaya.
  1. MISI PEMBANGUNAN TIYUH

MISI ADALAH SESUATU YANG HARUS DIEMBAN ATAU DILAKSANAKAN OLEH SEORANG CALON KEPALO TIYUH SEBAGAI PENJABARAN DARI MISI YANG TELAH DITETAPKAN.

  1. BIDANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN
  2. BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN
  3. BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
  4. BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

A . BIDANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN

  • Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan cepat, hati yang ikhlas, ramah, dan beretika dengan tanpa membeda bedakan status social dalam masyarakat
  • Menciptakan suasana kerja yang harmonis antar sesama aparatur tiyuh sehingga timbul kerjasama yang baik dan loyalitas yang tinggi terhadap tiyuh Mekar Sari Jaya.
  • Meningkatkan kedisiplinan kinerja aparatur tiyuh dengan memberikan teguran baik lisan maupun tulisan sampai ke pemberian sanksi administrasi jika kedapatan aparatur tiyuh tidak melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan
  • Menciptakan pemerintahan tiyuh yang good government, transparan dan akuntabel.
  • Aparatur Tiyuh Mekar Sari Jayaharus dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugasnya.
  • Membagi pekerjaan sesuai bagiannya masing masing agar semua tugas dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu
  • Setiap aparatur tiyuh harus membuat program kerja jangka pendek yang disampaikan kepada kepalo tiyuh dan menyampaikan laporan atas pelaksanaan programnya baik lisan maupun tulisan
  • Menciptakan kerjasama yang baik dengan seluruh lembaga yang ada di tiyuh sehingga target utk menjadikan tiyuh Mekar Sari Jaya lebih maju lagi dapat tercapai

B . BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN

  1. Pembangunan akhlak dan Karakter.
  • Yang paling utama adalah membangun ahlak masyarakat agar menjadi manusia yang berakhlakul karimah melalui peningkatan majlis-majlis taklim, kegiatan pengajian, pembinaan moral khususnya generasi muda sesuai dengan ajaran agama yang ada di tiyuh Mekar Sari Jaya  untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.
  • Membangun semangat gotong-royong, rukun, guyup, dan rasa memiliki terhadap Tiyuh Mekar Sari Jaya.
  1. Bidang Pembangunan Kesehatan
  • Dalam hal pembangunan kesehatan tentunya seluruh masyarakat Mekar Sari Jaya harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang merata, dengan mengoptimalkan kegiatan posyandu, serta fasilitas dan tenaga kesehatan agar dapat tercipta masyarakat yang sehat, bebas dari penyakit. Selain itu beberapa kegiatan penyuluhan dan pembinaan untuk pemuda dalam pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri maupun lingkungan sekitar agar terhindar dari barang terlarang yang dapat merusak mental generasi penerus pada zaman modern ini. Menjalin kerjasama dengan PKK dalam kegiatan penanaman Toga dan kegiatan Dasawisma dalam setiap RT.
  1. Bidang pekerjaan umum, penataan ruang dan Kawasan Pemukiman
  • Menjaga, memelihara, dan melestarikan pembangunan yang sudah ada pada pemerintahan sebelumnya.
  • Melanjutkan pembangunan dengan memperhatikan sekala prioritas sesuai dengan peraturan kementerian desadanhasil musyawarah desa.
  • Pemerataan pembangunan disetiap suku dengan skala prioritas kebutuhan.
  • Pembangunan/ perehapan sarana pemerintahan tiyuh ( Balai Tiyuh )
  • Pembangunan rehabilitasi seluruh akses jalan pertanian dan perkebunan agar dapat mempermudah mobilisasi transportasi pengangkut hasil bumi masyarakat Mekar Sari Jaya.
  • Melakukan yang tepat guna, manfaat, dan tepat sasaran yang dapat dirasakan oleh masyarakat.
  1. Pembangunan sarana pendidikan non formal

Memberikan kepedulian penuh dengan memperhatikan insentif guru-guru NGAJI, TPA,TPQ dan guru sekolah minggu bagi yang beragama Hindu.

  1. Pembangunan bidang olah raga dan seni budaya

Meningkatkan pembinaan generasi muda dalam bidang olah raga, seni dan budaya dengan cara memberikan aset permodalan untuk karang taruna. Sehingga pengembangan potensi bidang olah raga dan seni budaya dapat berjalan secara optimal. Serta mengadakan kegiatan turnamen olahraga dalam setiap tahunnya.

  1. Pembangunan Bidang Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.
  • Sebagian besar mata pencaharian penduduk Mekar Sari Jaya adalah hidup dari hasil pertanian dan perkebunan oleh karenanya perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala selama ini, seperti sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.Untuk menjawab persoalan tersebut kedepan pemerintah tiyuh akanbekerja sama dengan mengoptimalkan Gapoktan yang ada ditiyuh Mekar Sari Jaya.
  • Dalam bidang peternakan tentunya melakukan pembinaan dan pelatihan dalam kegiatan pengolahan pakan ternak, dan pengelolaan pupuk kompos dari kotoran hewan sehingga dapat bermanfaat.
  • Dengan memiliki embung yang ada ditiyuh Mekar Sari Jaya yang pengelolaannya belum secara maksimal maka pemerintah tiyuh menjadikan sarana pembibitan ikan seperti dibuat kerambah yang dikelola oleh masyarakat agar dapat menambah perekonomian masyarakat Mekar sari Jaya.
  1. Pembangunan pariwisata
  • Mengembangkan potensi pariwisata/Taman lapangan tiyuh yang ada di dengan mengoptimalkan sarana yang sudah ada sehingga dapat menambah pendapatan asli desa.
  • Melakukan pembangunan pisik yang lebih focus ke pembangunan ekonomi masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  1. BIDANG PEMBINAAN MASYARAKAT
  2. Ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat

Lebih mengoptimalkan tugas dari Satlinmas Tiyuh Mekar Sari Jaya dengan menambah insentif  hansip dan mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi anggota linmas supaya lebih mengerti terhadap pentingnya peranan hansip/linmas dalam hal menjaga ketenteraman, keamanan dan ketertiban serta perlindungan terhadap masyarakat. Selain itu diaktifkannya kembali kegiatan siskamling/ronda malam dengan memberikan pemahaman akan manfaat kegiatan tersebut dengan nilai rasa tanggung jawab bersama.

  1. Kebudayaan dan Keagamaan

Memberikan pembinaan dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya arti toleransi  antar umat beragama sehingga masyarakat Mekar Sari Jaya  dapat hidup rukun dan damai hidup secara berdampingan  dengan tanpa membeda bedakan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan ( SARA )

  1. Pembinaan kelembagaan masyarakat

Menghidupkan kembali lembaga lembaga yang ada di tiyuh seperti kelompok tani, gapoktan, kelompok wanita tani, dasa wisma dan PKK dengan cara peningkatan kapasitas melalui berbagai pelatihan dengan harapan peranan lembaga yang ada di tiyuh dapat bersama sama membangun tiyuh kearah yang lebih maju lagi

  1. Bidang Pemberdayaan Masyarakat
  2. Pertanian, peternakan dan perikanan.
  3. Peningkatan kapasitas aparatur tiyuh.
  4. Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga.
  5. Usaha mikro Kecil dan Menengah.
  6. Dukungan penanaman modal

Beri Komentar

Tiyuh

853

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI853penduduk

843

PEREMPUAN

PEREMPUAN843penduduk

1.696

TOTAL

TOTAL1.696penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Tiyuh untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Tiyuh

Kepalo Tiyuh

ALFREDO ISNOVANDI

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris Desa

ABDUL HAMIDI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Keuangan

ROUF ROZINUL UFA ARFAD, S.T

Tidak Ada di Kantor

Kaur Perencanaan

BAYU ARIF FIRMANSYAH

Tidak Ada di Kantor

Kaur Umum

YOPI PRIHANDOKO, S.KM

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pelayanan

LILIK WIYANTI

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pemerintahan

ALIF INDRI LESTARI,S.Pd

Tidak Ada di Kantor

Kasi Kesra

ANDI WIDIANTORO

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku 1

SUMAWAN

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku 2

SUPANI

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku 3

DADANG JAMALUDIN

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku 4

IMRON ROSADI

Tidak Ada di Kantor

Operator Tiyuh

AAN ANIYAH

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

11

Surat

Tahun Ini

117

Surat

Tahun Lalu

136

Surat

Total

446

Surat

Agenda

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 08 Januari 2020 05:58:42
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :

Terdahulu

RAPAT KOORDINASI PKK

Tgl : 07 Februari 2022 14:00:05
Tempat : Balai Tiyuh
Koordinator : WINDI ANISA NURVATWA, S.ST

Terdahulu

Musyawarah Pemilihan sekaligus Penetapan Juru Kunci Tahun 2022

Tgl : 02 Juni 2022 19:32:05
Tempat : Balai Tiyuh Mekar Sari Jaya
Koordinator : SUPANI
Statistik Pengunjung
Hari ini : 76
Kemarin : 46
Total Pengunjung : 54.043
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.145.178.151
Browser : Mozilla 5.0
Agenda

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 08 Januari 2020 05:58:42
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :

Terdahulu

RAPAT KOORDINASI PKK

Tgl : 07 Februari 2022 14:00:05
Tempat : Balai Tiyuh
Koordinator : WINDI ANISA NURVATWA, S.ST

Terdahulu

Musyawarah Pemilihan sekaligus Penetapan Juru Kunci Tahun 2022

Tgl : 02 Juni 2022 19:32:05
Tempat : Balai Tiyuh Mekar Sari Jaya
Koordinator : SUPANI
Statistik Pengunjung
Hari ini : 76
Kemarin : 46
Total Pengunjung : 54.043
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.145.178.151
Browser : Mozilla 5.0
Pemerintah Tiyuh

ALFREDO ISNOVANDI

Kepalo Tiyuh


Tidak Ada di Kantor

ABDUL HAMIDI

Sekretaris Desa
Tidak Ada di Kantor

ROUF ROZINUL UFA ARFAD, S.T

Kaur Keuangan
Tidak Ada di Kantor

BAYU ARIF FIRMANSYAH

Kaur Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

YOPI PRIHANDOKO, S.KM

Kaur Umum
Tidak Ada di Kantor

LILIK WIYANTI

Kasi Pelayanan
Tidak Ada di Kantor

ALIF INDRI LESTARI,S.Pd

Kasi Pemerintahan
Tidak Ada di Kantor

ANDI WIDIANTORO

Kasi Kesra
Tidak Ada di Kantor

SUMAWAN

Kepala Suku 1
Tidak Ada di Kantor

SUPANI

Kepala Suku 2
Tidak Ada di Kantor

DADANG JAMALUDIN

Kepala Suku 3
Tidak Ada di Kantor

IMRON ROSADI

Kepala Suku 4
Tidak Ada di Kantor

AAN ANIYAH

Operator Tiyuh
Tidak Ada di Kantor